3 JENIS KOPI ROBUSTA INDONESIA YANG BERKUALITAS !

3 JENIS KOPI ROBUSTA INDONESIA YANG BERKUALITAS !



Dengan kualitas yang dimiliki, pastinya kopi yang berasal dari Indonesia ini telah terkenal secara mendunia. Khususunya kopi robusta yaa. Penasaran dari mana saja asalnya bro? Lihat saja kabarnya di bawah ini.
Untuk semua penikmat kopi, tentunya telah tidak asing lagi dengan kopi robusta. Robusta tersebut sendiri adalahsalah satu jenis tumbuhan kopi yang memiliki tidak sedikit penggemarnya, lagipula di Indonesia sendiri. Nah, guna pilihan jenis kopi robusta yang sangat enak di Indonesia terdapat bermacam-macam bro. Untuk tersebut di dalam tulisan ini akan menjabarkan 3 jenis kopi robusta Indonesia yang mempunyai rasa terenak.

Namun sebelum tersebut ada baiknya kita memahami dulu sebetulnya apa tersebut kopi robusta, sebab tidak seluruh orang memahami seperti apa kopi jenis ini dan rasanya laksana apa. Memiliki nama ilmiah Coffea Canephora, nama robusta tersebut sendiri dipungut dari kata “robust”.
Robust tersebut sendiri berarti kuat. Sesuai dengan makna dan namanya tersebut, jenis kopi robusta memang mempunyai cita rasa yang powerful dan ingin lebih pahit ketimbang jenis kopi arabika. Lalu biji kopi robusta tidak sedikit digunakan bahan baku kopi siap saji dan pencampur kopi racikan untuk meningkatkan cita rasa kopi. Di samping itu, seringkali juga dipakai untuk menciptakan minuman kopi berbasis susu laksana cappuccino, café latte dan macchiato.

Untuk di Indonesia sendiri, kopi robusta memang menjadi di antara jenis kopi yang tidak sedikit digemari. Karena butuh diketahui pun bro bila Indonesia adalahsalah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Sebagian besar dari perkebunan kopi yang terdapat di Indonesia sendiri ditanami kopi jenis robusta.

Oleh sebab tersebut pula, maka tak heran tidak sedikit terdapat sejumlah jenis kopi robusta yang berbeda-beda di masing-masing daerahnya. Contohnya saja guna di Pulau Jawa dan Sumatera mempunyai rasa yang bertolak belakang padahal jenis kopinya sama-sama jenis robusta. Untuk tersebut mari anda lihat sejumlah pilihan kopi jenis robusta yang terdapat di Indonesia pastinya dengan rasa yang terbaik.

Kopi Lampung

Buat lo yang telah pernah mendengar kalau wilayah Lampung mempunyai kopi dengan rasa yang enak, itu tidak saja isapan belaka. Karena memang, wilayah Lampung sendiri mempunyai jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Bahkan penjualannya juga tidak main-main bro. Mencapai pasar internasional loh, maka tak heran kalau tidak sedikit orang yang menggali kopi robusta yang berasal dari Lampung.

Kopi robusta Lampung ini ditanam di atas elevasi sekitar 600 mdpl. Lalu dari letak geografis, iklim, serta situasi tanah yang subur menciptakan kopi robusta Lampung ini mempunyai cita rasa yang bertolak belakang ketimbang kopi robusta lainnya.

Robusta Dampit Malang
Kalau lo hendak mencari suatu kopi robusta yang unik, Robusta Dampit Malang dapat menjadi di antara pilihan lo. Kopi itu berasal dari Kecamatan Dampit. Yang adalahsalah satu area yang menghasilkan jenis kopi robusta yang lumayan terkenal. Kenikmatan dari kopi robusta dari wilayah Dampit juga adalahhal yang tidak perlu guna dipertanyakan.

Tanpa terkecuali kopi Robusta Dampit malang ini memang telah terkenal sampai luar negeri. Penjualannya pun telah sangat tidak sedikit di dataran Eropa. Bahkan tidak tidak banyak orang Eropa yang menjadi peminat dari kopi ini. Dan kopi ini mempunyai rasa yang spesial atau special taste. Hal ini disebabkan biji kopi ini ditanam atau dibudidayakan di lahan dengan elevasi 800 mdpl serta mempunyai kontur tanah yang subur.

Tak melulu itu, 90% dari hasil developer biakan dari kopi Robusta Dampit Malang ini di ekspor ke luar negeri. Oleh karena itu, tak heran bilamana kopi asal Malang paling terkenal baik di domestik maupun di luar negeri. Hitung-hitung pun akan membawa nama baik Indonesia secara mendunia.

Robusta Bali Tabanan
Buat lo penikmati kopi sejati, tidak cukup rasanya bilamana lo tidak mencicipi sejumlah pilihan kopi yang berasal dari Bali. Salah satunya merupakan Robusta Bali Tabanan. Kopi yang memilki rasa yang menarik serta beraroma wangi cokelat nan menggoda.

Belakangan ini, cita rasa kopi dari Pulau Dewata tersebut terus dikembangkan, sebab orang tidak sedikit mengenal kopi arabika dari Kintamani yang sudah mendunia. Mungkin beberapa dari lo belum mengenal kopi yang ditanam di wilayah Pupuan oleh petani lokal.

Meski harga biji kopi robusta yang murah, rasanya paling nikmat andai lo menyesap. Rasanya ingin tidak terlampau pahit, sebab biji kopi tersebut tumbuh di atas elevasi 400-700 mdpl, diperbanyak cuacanya sejuk. Bagi kebun kopinya, sedang di 14 desa yang dikelola oleh petani lokal. Setiap musim tanam, mereka berjuang mencari bibit unggul yang dapat menghasilkan biji kopi sempurna. Penduduk desa saling berduyun-duyun untuk menempatkan kopi sampai menantikan masa panen tiba.

Ada karakteristik tersendiri yang dilaksanakan oleh petani lokal di sana dalam menempatkan kopi tersebut. Kalau sudah, biji kopi hijau dijemur di atas terik matahari. Aromanya terhirup wangi saat biji kopi ini telah dipanggang. Lalu, kopi siap digiling halus dan diseduh dengan air panas.

Sementara itu, kopi ini telah dinyatakan dunia sebab punya cita rasa yang mantap. Tapi memang popularitasnya belum dapat mengalahkan kopi arabika Kintamani bercita rasa asam dan wangi lemonnya menyeruak di hidung.
Hampir di seluruh wilayah Tabanan, kopi dari Pupuan dipasarkan. Selain dapat diminum di sana, lo dapat membawanya sebagai buah tangan. Harga per kilogramnya dipasarkan murah yaitu sekira Rp30 ribu guna kualitas biasa. Lalu, guna biji kopi premium seandainya lo mesti merogoh kocek Rp45 ribuan.

Komentar